Sabtu, 25 April 2009

Unas

Ujian Nakut-nakutin Anak Sekolah
UNAS
(Ujian Nakut-nakutin Anak Sekolah)
Ki Setyo Handono

Tan samar pamoring suksma sinukmaya winahywa ing asepi sinimpen telenging kalbu pambukaning warana , tarlen saking liyep layaping aluyup , pindha pesating supena sumusup ing rasa jati oooong

Baru saja mau melanghkah mendekati Raden Werkudara, tiba-tiba Ki Lurah Semar menarik paksa tubuh Wisanggeni. Wisanggeni menjadi kaget,
“Jangan terusken dulu ngger…”
“Ada apa Mbah?”
”Lihat di pintu gerbang itu, ada tulisan ’Dilarang Ribut, Ada UNAS (Ujian Nasional) ” jelas Semar
”Unas itu apa sih mbah?”
”Besok kalau kamu sudah sekolah, kamu bakal diuji seperti itu”
”Pantes, suasana mencekam”
”Pancen kok ngger, saben-saben ujian mesti suasanane mesti digawe kaya mangkene iki. Mungkin sekolahe ben diwedeni, gurune ben berwibawa , muride ben pada stres. Lebih-lebih Permendiknas no. 78/2008 sudah menetapkan standar kelulusan, 5,50 dengan nilai minimal 4,0 paling banyak di dua mata pelajaran, dan 4,25 di mata pelajaran lain, angka ini naik 0,25 dibanding tahun yang lalu ngger. Aku ngramal, menawa kenaikan standar kelulusan ini hanya akan memakan biaya yang suangat besar, disamping itu akan mendorong kecemasan di banyak pihak. Ancaman tidak lulus kian jadi momok. Siswa, orang tua, guru, kepala sekolah, bahkan penyelenggara Unas itu sendiri, mereka akan mengalami tekanan psikologis yang semakin besar. Akan tetapi ngger, seharusnya tekanan psikologis itu dihadapi dengan semakin meningkatkan kualitas dan intensitas belajar. Kanggo guru-guru ya.. parbaikilah mutu mengajarnya, jangan hanya CTL (catet tinggal lunga), kasihan muridnya. Terus ujung-ujungnya bareng Unas, justru dihadapi dengan sejumlah praktik curang...”
”Contohnya?”
”Aku sering ngonangi ngger, nalikane ujian iku, panitia penyelenggara, ethok-ethoke memeriksa kelengkapan lembar jawab sing wis dilebokne amplop karo pengawas, bareng ning njero ruangan panitia, lembar jawab mau didandani, dadi jawabane bocah-bocah diganti karo jawaban panitia sing mentas nggarap sisa soal . Tan kocapa ngger, bareng pengumuman kelulusan, ana keajaiban sing ngeneh-anehi, bocah sing bodo ela-elo bijine malah duwur, bocahe ngguya-ngguyu, batine ’lha wong aku iku mau ora isa blas, ngawur, Selawe nomer ora ndak garap,ee.. lha kok bijiku jos, sing edan ki panitia apa aku?, malah si Anu iku pintere sundul langit lha kok malah jeblok, yen ngono penak ya, dadi wong bodho, ra tahu sinau, mbolosan, tapi yen unas nomer ...satu, malah anu ngger, jaman sak iki luwih canggih maneh, jawabab bisa dikirim lewat SMS, malah ana lo ngger, karep ben aja konangan HP-ne disimpen ana BH ”
”Waah mbah, BH itu apa ya?”
”Bungkus Handphone”
”Terus menurut Mbah Semar apa yang bisa disumbangkan untuk kemajuan pendidikan di Ngamarta sini?”
”Para ahli konstruktivistik Karangkedempel memandang dimensi kognitif belumlah cukup untuk menghadapi kehidupan yang kompleks. Dimensi ini memang menjadikan siswa cerdas, dan pintar, namun itu masih membutuhkan kecerdasan metakognitif, meliputi kecerdasan kognitif, afektif maupun motorik. Sehingga siswa lebih trengginas menghadapi ganasnya zaman. Pinter saja tidak cukup ngger, akan tetapi orang harus pinter-pinter. Kecerdasan itulah yang memungkinken lahirnya reslience behavior,yakni perilaku cerdas siswa dalam membangun keseimbangan menghadapi hidup dan kehidupan”
”Aku kok tambah ora mudeng ta Mbah?”
”Inilah ngger, Mbah Semar itu kalo sudah menjadi kandidat doktor, omongane ya kelas tinggi ngene iki, ijik pingin tambah mumet maneh?”
”Iya Mar, sak karepmu”
”Ngger, aku kecewa ngger karo si Unas mau, coba ta bandingkan dengan model evaluasi yang diterapkan. Pemerintah Ngamarta memilih memakai sistem tes objektif. Pemerintah hanya cari gampangnya saja. Ben ngoreksine gampang. Ananging siswa hanya diuntungkan dalam menguasai dan menghafal pengetahuan yang dirancang kurikulum dan silabus. Sementara kemampuan siswa dan kreatifitasnya dalam menghadapi kehidupan tidak termonitor sama sekali. Dengan demikian output dan outcome pendidikan kita tidak akan menghasilkan sumber daya menusia yang tidak bermakna. Padahal ngger, dengan mengajari siswa tentang hidup dan kehidupan, pastilah ilmu pengetahuan akan lebih bermakna, daripada hanya sekedar menghafal ilmunya saja. Sehingga dengan demikian, evaluasi yang menggunaken sistem test objektif sangat tidak memadai untuk dapet menghantarken siswa menjadi manusia yang kompeten. Semar punya pengalaman mendidik Gareng, Petruk dan Bagong. Namanya .....”
”Hoalah Mar... Mar..., omong kok ora ana enteke, terusne minggu ngarep wae!!”
”Eh hiya ngger, aku arep nggawe sertifikat fiktif, nggo sertifikasi sesuk kok ngger..”
”Eaalaaah, tambah nemen iki”