Kamis, 29 Oktober 2009

Banjaran Samba Juwing Walaka niring Weweka

Caos uninga yekti, jatosipun kesagedan kula, dereng sepintena kathah ,teka gumagah purun, angrakit basa gitadi, dahat dera tan ngrasa, lamun maksih kuthung, walaka niring weweka, sepen kawruh cubluk tuna ing pambudi, cupet mring panggraita
Mboten sande kathah kang ngesemi, awit saking kathahing luputing tumindak, datan pakoleh tanduke, tyas berung kadlarung, kebat kliwat nora nyukupi, sasar kurangan nalar, lelabete tan antuk, ing wewulang prasarjana, kang wus putus mumpuni salwiring kawrin, marma sanget kuciwa .....

Begitulah pesan Prabu Kresna kepada Boma Narakasura anak kandungnya, yang intinya sampaikan dengan jujur bahwa sejatinya kamu itu masih miskin ilmu, akan tetapi nyatanya kamu itu keminter, kementhus, rumongso bisa. Hanya kelihatanya saja bahasamu dingin dan sejuk, lebih baik berterus terang, jentelmen, agar terhindar dari petaka, berterus teranglah kalau kamu itu sebenarnya masih bodoh dan belum mempunyai etika, tatakrama dan tepaslira. Tak pelak jika kamu memaksakan diri, maka banyak yang mencibir, sebab sudah terbukti banyak kesalahan yang telah kau lakukan, maka percuma yang telah kamu perbuat, malah akhirnya menjadi rusak berkepanjangan, dan akhirnya hati merana ,harapannya hampa, semua itu akibat karena nafsu serakah kebodohanmu, perjuanganmu sia-sia walaupun kamu telah mendapat aneka macam ilmu kesarjanaan, maka lihatlah semua orang kecewa yang mendalam....
Mendengar wejangan dari ramandanya, Prabu Boma Narakasura terbakar hatinya. Ia ndak terima dikatakan ndak becus mengurusi pemerintahannya, maka ia segera memanggil Patih Pancatnyana
”He Patih!!, segera kumpulkan seluruh kawula, prajurit dan pejabat negara, undang mereka ke gedung bundar kerajaan, katakan kepada mereka bahwa kerajaan ada dana seratus juta bisa digunakan untuk senang-senang, foya-foya, tamasya bersama seluruh keluarga dan pulang disediakan oleh-oleh komplit, dan baju seragam”.
”Lho kok kados lare alit mawon ta Prabu, menapa semudah itu mereka bisa merubah sikapnya, soale sampun kathah ingkang ngraosaken numpak motor iber, la mangke menawi namung numpak bis dateng Jogja, nopo sampun marem....??”
”Wis cangkemu menenga Patih, iki politik tingkat tinggi, utekku lagi bingung, pemerintahanku ora duwe program, bisaku ya mung iki, wis kamu nggak usah ngomentari perintahku, ayo segera laksanakan, yen perlu aku mengko ethok-ethoke arep menyatakan siap mengundurkan diri, terus bocah-bocah cilik kae tak kon podho nangisi aku” gertak Prabu Boma Narakasura yang aslinya berwatak pengecut dan brangasan.
”Oh pangapunten gusti, mbenjang menapa kula bidhal”
”Aja ndadak ngenteni tak pecat, sak iki wae enggal budhala” kata Boma Narakasura sambil menjambak rambut kepalanya Patih Pancatnyana.
Patih Pancatnyana segera pergi menjalankan tugas yang telah diamanatkan kepadanya. Dia segera memanggil sopir kerajaan untuk segera membagikan undangan kepada seluruh punggawa dengan membawa mobil Panther warna biru.
Memang!, Prabu Boma Narakasura akhir-akhir ini tengah menjadi pembicaraan banyak orang, lantaran perilakunya mirip orang yang menderita psikopat , suka menari di atas penderitaan orang lain, dan selalu menggunakan orang lain untuk memperoleh ambisi pribadinya. Tak heran jika pada suatu hari dia mengalami kegagalan, maka orang lain pula yang disalahkan. Bahkan tidak jarang mereka langsung dipecat, dan diusir dari kerajaan. Itulah sifat iblis yang dibawanya sejak lahir. Nggak perduli walau ayahnya seorang narendra gung binathara yang bernama Prabu Kresna sekalipun.
Dan kebetulan kali ini ambisinya adalah merebut isterinya Samba, adik tirinya lain ibu. Ndilalah Samba pada waktu itu sedang ndak ada di Kerajaan Paranggaruda. Sehingga nafsunya menggebu-gebu untu menculik adik iparnya.

Berkumpul Kembali

Kabut panas laksana membakar kulit di beberapa siang hari ini. Sementara malam terasa gerah memaksa keringat berbau apek menyembul keluar bak lumpur lampindo yang menebarkan aroma ndak sedap ke sekeliling ruangan. Sehingga seisi ruangan kamar tercium bau keringat yang amat menyengat. Sementara Ki Lurah Semar yang tengah berlari mengejar Bathari Durga harus lepas baju, lantaran hawa panas ndak kuasa ia tahan, sekujur tubuhnya gerontolan air keringat mengucur deras. Dalam hatinya risih juga, sebab ketika berangkat tadi dia ndak sempat pakai parfum pewangi. Baru saja terbang beberapa saat, matanya mendengar perempuan merintih kesakitan. Ki Lurah Semar ndak pangling dengan suara tersebut, ”Uh pasti suarane Durga itu, akan aku cari dia”. Semar segera menurunkan kecepatan terbangnya. Spidometer yang terpasang di tangan kanannya, jarumnya nampak melemah ke kiri. Ki Lurah Semar segera plilak-plilik mengawasi dan mencari arah suara berada.
”Nah ini dia !!!, munyuk-munyuk dakjal laknat ternyata di sini, He Dewa Srani, Permoni Durga!!!”
“Wonten napa Kiai?” jawab Dewa Srani sambil membalut kaki Mami Bathari Durga yang kesakitan kecantol kawat bangunan kampus Dhandhang Mangore
“Dersanala mbok balekne apa ora !!?”
“Pangapunten Kiai, kula sampun mboten mbekta pun Dersanala malih”
”Aku ora percaya karo kandhamu, heh Permoni, hayo ndang dudohna ana ngendi Si Dersanala, sepisan maneh yen kowe goroh oh awakmu bakal ndak mutilasi, mumpung iki ana Sarangan, hayo mbok uculne apa ora?” ancam Ki Lurah Semar sambil mendekati tubuh Bathari Durga yang terbaring lemah.
”Bener Kakang Semar, Si Dersanala mau ana kene, nanging iki mau digawa mlayu Si Petruk” jawab Durga jujur
”Awas yen omonganmu ora kena ndak percaya, oooh klakon Dhandang Mangore ndak obrak-abrik, ya yen ngono aku ndak nututi Si Petruk, wis urusana mamimu, gawanen nyang Puskesmas kana, obatana nganggo tintir, obat merah”
”Kasinggihan Kiai”

Semar langsung berlari meninggalkan Durga dan anaknya. Dia berlari ke arah barat, menuju Istana Ngamarta. Di sana sudah banyak para pembesar yang sudah hadir. Bahkan Wisanggeni sudah nampak juga di sana. Ki Lurah Semar segera tergopoh-gopoh memasuki halaman. Dia disambut oleh Dewa Resi dan Dewa Bagus.
”Aih...aih mbregegeg ugeg-ugeg sakndulita , eih bareng aku ketemu panas-panas ngene iki aku kok ora pangling karo kringetmu, eh Dewa Resi, Dewa Bagus, iki lakone wis meh tamat, hayo padha enggal cucula busanamu, aku ngerte kowe sapa saktemene”
”Lho kok cucul busana ke kepriye?”
“Kowe aja ndadak ethok-ethok ora njawani, aku ngerti kowe ki Nerada, lan anakku Kamajaya, hiya ta?”
Dewa Resi dan Dewa Bagus jadi tersipu malu. Akhirnya ketignya segera memasuki istana.
Di dalam istana konta menjadi lengang dan khidmat. Prabu Puntadewa, Prabu Kresna, Werkudara, Janaka, Nakula dan Sadewa nampak duduk menununduk menghormati kedatangan Resi Kanekaputra alias Narada, Dewa Kamajaya, dan Dewa Ismaya alias Semar. Prabu Puntadewa nampak girang sekali, dia segera merangkul ketiganya.
”Iki to the point saja ya ngger putuku kabeh, dahuru atau musibah yang dialami oleh Ngamarta saat ini udah berakhir untuk sementara waktu,dan Si Janaka wis kasil mboyong bojone karo anake sing lahir ndik Kawah Candradimuka, malah ndek mben wis ulun paringi tenger lengkap karo surat akte kelahirane pisan, yaiku Raden Wisanggeni. Mula gandeng tugas ulun wis paripurna, ulun bakal munggah Kahyangan, lan aja lali suk yen jeneng kita nyunatne utawa ngrabekne, ulun dikabari lho, nganggo SMS wae, wah ulun mesti bakal melu mangayu bagya, wis ya, padha andum basuki, ulun ma kahyangan”
Para hadirin segera menghantar keluar menuju tempat terbangnya dua dewa tersebut. Mereka kemudian melambaikan tangannya. Sementara Prabu Kresna segera mengambil alih pembicaraan
”Dhumateng para ingkang sami lenggah, inggih kanthi tumuruning Sang Wiji Sejati menika, ingkang badhe anjejegaken dhateng para bebrayan ingkang nedheng sami kalimput inggih kanthi lairipun anak kula pun Wisanggeni punika badhe saya amimbuhi kekiyataning Praja Ngamarta, lan yayi Arjuna inggih sampun makempal malih kalian garwanipun, nun inggih Bathari Dersanala. Purnaning atur kathah kalepatan-kalepatan kula, mboten langkung tansah nyuwun gunging samodra pangaksami, kanthi asesanti jaya-jaya wijayanti sepisan merdika tetep merdika salamiya. Tammat

Ratu Crobo

Sejak Dewa Srani mendapatkan surat pemecatan dari penguasa kahyangan, Dewa Srani memilih diam di rumah menemani maminya. Cita-citanya ketika mbalik di rumah hanya satu yaitu memiliki Dewi Dersanala. Untuk itu setibanya di rumah ia segera merayu Dewi Dersanala.
“Dersanala garwane pun kakang , wong manis , ayo manuta ndak gendhong, penak ta, ayo tak emban, manuta ayo ndak pondhong wong ayu, tambanana brantane pun kakang nimas”
“Dewa Srani … Dewa Srani, yen nganti kulitku kena mbok senggol, oh bakal tak beset tak tambal nganggo lulang asu”
“Dersanala, paribasan sira iku iwak kang kecemplung wuwu, mokal yen bisa obah mosik, lan dina iki sira bakal ndak perwasa”
Tanpa disadari oleh Dewa Srani, bahwa Petruk sudah berada di dalam rumahnya. Dengan secepat kilat Petruk segera menculik Dewi Dersanala , membopong dan berlari seperti halilintar. Kontan Dewa Srani hanya ndomblong kami tenggengen, melihat Petruk menyahut wanita yang ada di depannya. Ia kemudian hanya bisa berteriak memanggil maminya yang tengah melihat sinetron di ruang tengah
“Mamiii, mammiiiiiii ketiwasan mamiii”
“Ada apa anakku ngger kok teriak-teriak !!?”
“Wah ketiwasan mami, Dersanala dibawa lari Petruk”
“Haa ???, wis aja nangis ngger, mami sing bakal nututi, he Petruuuk aja mlayu, aku sing bakal mateni kowe!!!” teriak Durga sambil terbang mengejar Petruk
Baru saja Durga terbang beberapa saat, di depan sudah dihadang oleh Kiai Ismaya alias Ki Lurah Semar
“He…Durga !!, ning ngendi Dewi Dersanala, ayo balekna !!”
“Wah kasep kowe Kiai, Dersanala wis kadhung ndak daupne karo Dewa Srani”
“Oh keparat kowe Permoni, nyoh tampanana entutku, dhuuuuuuuussssssss”
Bathari Durga terpelanting jauuuh sekali hingga terjatuh di lokasi proyek Plasa Kampus Universitas Dhandhangmangore. Bajunya robek tersangkut besi cor, sedangkan badannya tersangkut rangka besi untuk panjat dinding yang tengah dibongkar. Nyaris sekojur tubuhnya lebam membiru. Suaranya parau, nafasnya tersengal-sengal. Dan tidak beberapa lama regu cleaning service mengusap mukanya dengan kain pel yang dibawanya.
Sementara itu di Kahyangan Suralaya, Bathara Narada tengah berbicara serius dengan Bathara Guru pada acara halal bi halal.
“Adhi Guru, Agama Ageming Aji. Agama dalam pandangan orang Jawa sama dengan pedoman atau ageman yang berarti pakaian. Aji artinya raja atau mulia. Warga negara yang mulia tentu akan memperhatikan ajaran agama, ajaran leluhur sebagai yang tertera dalam Kitab Suci. Kewibawaan seorang pemimpin yang dituntun oleh ajaran agama akan terbebas dari perbuatan aniaya, nista dan hina yang dapat meruntuhkan derajat dan martabatnya. Prinsip kepemimpinan terhadap orang Jawa menuntut agar pemimpin selain memimpin secara formal juga pemimpin agama agar berkah dan adiluhung di depan pengikutnya. Kepemimpinan yang agamis selalu mementingkan kepentingan orang banyak dan menyantuni orang lemah. Mereka inilah ynag membuat pemimpin menjadi aji 'berharga'. Orang itu kalau banyak omongnya, pinter omongnya kebanyakan adalah pinter bohongnya. Terus terang saja, aku sekarang ini ikut mananggung malu atas ulah rector Universitas Dhandhangmangore terutama kecerobohannya dalam ambisi kepemimpinannya. Gagal dadi assessor, iki malah mbangun asesoris. Rencana lama durung dileksanaake malah ngambyawara nggawe lingseming para kawula. Terus nggo apa miniature sing wis kadhung dipajang ing kotak kaca kae, yen ora kanggo mbok tak gawane mulih wae, kena nggo akuarium . Lha yen pancen ora enthos aja kementhus, iki kurbane ora mung wong sawiji nanging uga lembaga, lan seluruh warga. Lan Adhi Guru aja lempar batu sembunyi tangan, iki mutlak kesalahane Si Rektor Durga Ratu Crobo. Untuk itu aja mung Si Srani sing dipecat, mutlak si Durga uga kudu lengser, terbukti kesalahan-kesalahan liyane wis katon ngambyawara, lha yen Adhi Guru mung bengong wae, terus bakal dadi apa kampus iki mengko, sampeyan itu kan menjabat BPH ta ?”
“Wis kakang Kanekaputra, aku dewe ngrumangsani yen peranku dadi BPH mung terbatas dadi Badan Penghibur Harian, Badan Pengikut Harian, dan Badan Pengamat Halaman, umurku wis tuwa nggo apa lha kok ndadak mikir abot-abot, biarlah rector kreatif bongkar-bongkar kampus sesukanya”
“Wah yen pancen kaya mangkono, mangsa boronga adhi Guru, aku tak mbalik ndik Pangudal-udal wae….wis Adi Guru…andum basuki…”